Senin, 27 Januari 2014

Mari Mengenal Ajaran Parmalim (Sipelebegu)

Secara historis, religi Parmalim pertama kali diprakarsai oleh seorang datu bernama Guru Somaliang Pardede (Horsting 1914; Tichelman 1937; Helbig 1935), seorang yang sangat dekat dengan Sisingamangaraja XII (raja terakhir dari dinasti Sisingamangaraja). Menurut beberapa penulis Barat, ajaran ini dijalankan oleh para pengikut Sisingamangaraja (khususnya oleh dua orang pemimpin perangnya, Guru Somaliang dan Raja Mulia Naipospos), dengan tujuan untuk melindungi kepercayaan dan kebudayaan tradisional Batak Toba dari pengaruh Kristen, Islam, dan kolonialis Belanda (Sidjabat 1983:326).
Di dalam kehidupan masa lalunya Somaliang Pardede pernah bertemu dengan Dr. Modigliani—seorang pendeta Katolik, sekaligus juga seorang ahli tumbuhan, berkebangsaan Itali-yang bekerja di tanah Toba sejak 1889 hinga 1891. Hubungan Somaliang dengan orang Aceh pada dasarnya merupakan suatu kolaborasi untuk menghadapi opresi kolonial Belanda di wilayah utara Sumatera. Karena Somaliang telah diasumsikan oleh Belanda sebagai seorang ekstrimis yang berbahaya, ia akhirnya ditangkap dan dibuang ke Pulau Jawa pada tahun 1896. Namun demikian, ajaran Parmalim tetap dipraktekkan oleh murid-murid Somaliang dan pengikutnya yang lain setelah pengasingannya. Tetapi mereka menghadapi opresi yang baru, yakni berbagai tekanan dari misionaris Kristen (Horsting 1914:163).

Tichelman (1937:27-28) menyatakan bahwa terjadinya kontak kebudayaan telah mempengaruhi terbentuknya ajaran Parmalim, dan menghasilkan produk religi ‘sinkretis’ sebagai contoh dapat ditemukan beberapa elemen Katolik di dalamnya, seperti ‘Jahowa’ (Jehovah, nama Tuhan dalam ajaran Katolik), ‘Maria, Yesus’, dan nama-nama orang suci dalam ajaran Katolik. Pengaruh Islam juga terdapat di dalam ajaran tersebut. Nama ‘parmalim’ itu sendiri berasal dari kata ‘malim’, yakni dari kata Melayu ‘malim’ yang berarti “ahli dalam pengetahuan agama’ (dalam bahasa Arab, ‘muallim’). Tidak seperti Tichelman, interpretasi Horsting (1914) terhadap historiografi religiParmalim sedikit berbeda. Ia menyatakan, religi Parmalim merupakan percampuran (blend) dari ajaran Jahudi, Katolik, Islam dan ajaranSipelebegu9 . Tuhan mereka adalah Jehowah yang mengirim/menghadirkan Si Singamangaraja untuk menggantikan diriNya. Setelah kematiannya, para pengikut Parmalim percaya bahwa jiwanya mendapat tempat ‘di sisi tangan kanan dari Jahowa’ (Horsting 1914:1963-164; lihat juga Helbig 1935). Pendapat dan pandangan mengenai keberadaan religi Parmalim juga banyak dibicarakan oleh para peneliti penduduk asli Batak Toba sendiri; di antaranya Nurmasita R. Gultom (1990), Bernard Purba (1986); dan Gerfarius Aritonang (1991). Gultom (1990) menyatakan bahwa ‘agama’ tradisional Batak Toba dikombinasikan dalam beberapa organisasi religius yang di antaranya disebut Parmalim, Si Raja Batak, dan kelompok masyarakat tradisional yang tidak memeluk satu pun dari keduanya. Setelah agama Kristen dan Islam masuk ke tanah Batak, sebagian masyarakat menerima dan berpindah ke salah satu dari kedua agama tersebut. Meskipun mereka telah menganut salah satu agama, berbagai konsep berasal dari kepercayaan tradisional tetap dipraktekkan, khususnya pada masyarakat yang berdiam di pedesaan. Kebanyakan masyarakat menganggap, konsep maupun perilaku tradisional tersebut hanya sebagai ‘adat’. Kenyataannya, sulit untuk membedakan/memisahkan antara ‘adat’ dan ‘religi’ dalam kehidupan orang Batak Toba. Kedua aspek tersebut menyatu di dalam kebudayaan spiritualnya

Parmalim adalah agama yang dianut khususnya di Sumatera Utara. Tuhan sebagai “debata mulajadi nabolon”—pencipta manusia, bumi, langit, dan segala isi semesta yang disembah oleh “Umat Ugamo Malim”.

Dari kalangan masyarakat Batak sendiri menyebutkan bahwa menurut cerita lisan yang berkembang dilingkungan masyarakatBatak menyebutkan asal usul Parmalim itu di mulai sejak Raja Sisingamangaraja XII yang berkuasa menggantikan kedudukan ayahnya Sisingamangaraja XI yang meninggal dunia tahun 1875.

Dewasa ini penganut kepercayaan Parmalim yang berpusat di Hutatinggi, Laguboti, Toba samosir, Tapanuli Utara, tersebar diberbagai wilayah di Sumatra dan di Jawa termasuk di daerah Aceh Selatan, antara lain; di Barus, DKI Jakarta dan Kawasan Sumatra sendiri.
Ritual Parmalim

Tiap tahun ada dua kali ritual besar bagi Umat Parmalim. Pertama, Parningotan Hatutubu ni Tuhan atau Sipaha Sada. Ritual ini dilangsungkan saat masuk tahun baru Batak, yaitu di awal Maret. Ritual lainnya bernama Pameleon Bolon atau Sipaha Lima, yang dilangsungkan antara bulan Juni-Juli. Ritual Sipaha Lima dilakukan setiap bulan kelima dalam kalender Batak. Ini dilakukan untuk bersyukur atas panen yang mereka peroleh. Upacara ini juga merupakan upaya untuk menghimpun dana sosial bersama dengan menyisihkan sebagian hasil panen untuk kepentingan warga yang membutuhkan. Misalnya, untuk modal anak muda yang baru menikah, tetapi tidak punya uang atau menyantuni warga yang tidak mampu. Seperti diutarakan Monang Naipospos, Pengurus Pusat Parmalim.

Di tengah lingkaran, berdiri Raja Marnakkok Naipospos dan keluarga besarnya, memimpin ritual Sipaha Lima—salah satu ritual tahunan dalam agama Malim, yang diselenggarakan pada setiap bulan lima dalam kalender Batak untuk mempersembahkan sesaji bagi Mula Jadi Na Bolon (Tuhan Yang Maha Besar) dan para dewa yang dianggap sebagai pemilik kerajaan Tuhan.

Pengucapan doa-doa dalam bahasa Batak Toba ini berlangsung sekitar 1,5 jam. Berkali-kali terdengar kata Tuhan, Debata, Ompung, dan Raja nami. Sebanyak 23 patik atau perintah Tuhan diucapkan. Tidak ada alunan musik keyboard atau gondang, tidak ada kidung rohani. Di ujung doa, “Nabonar junjunganhu …,” ucap Martogi mengakhiri. Ritual pun usai. Dalam keyakinan Parmalim, Raja Sisingamangaraja adalah nabi atau rasul Tuhan yang ber tugas menyebarkan patik dan ajaran hamalimon dari Mulajadi Nabolon. “Jadi tidak benar kami menyembah Sisingamangaraja sebagai Tuhan,” kata Martogi.[1]

Parmalim melakukan peribadatan setiap hari sabtu dan memiliki dua hari peringatan besar setiap tahunnya yaitu: Sipaha Sada dan Sipaha Lima. Kosmologi asli masyarakat Batak terdapat pada Pustaha yakni suatu kumpulan ilmu Batak. Isinya meliputi tumbaga Huling yang mencakup keagamaan, kerajaan dan adat istiadat. Disamping itu ada satu lagi yang disebut suraagong yakni yang terdiri dari pikiran dalam kegelapan yang isinya mencakup peperangan,kerjaan,dan kedukunan.

Penganut sipelebegu menganggap kedua hal tersebut sebagai kitab suci mereka.sedangkan bagi penganut islam dan Kristen memandangnya sebagai kitab pusaka yang mengandung tuah atau kesaktian ‘’mana’’.untuk memahami tumbaga holing ataupun untuk suro agong,masyarakat menyebut ahlinya ialah ‘’datu’’.

Adapun isi kosmologi yang dipahami masyarakat Batak meliputi kehidupan di Dunia makro kosmos yaitu tempatnya berbagai kekuatan supranatural dengan alam gaibnya. Tempat ini terdiri dari dunia atas, bawah dan tengah.
Struktur Sosial Masyarakat Batak

Untuk dipahami dari kehidupan masyarakat Batak hingga kini ialah menyangkut system kekerabatan mereka, yakni berdasarkan asas Partrilineal. Berdasarkan atas asas tersebut maka hubungan kekerabatan di lingkungan masyarakat Batak yang anut menurut garis ayah dan semua kerabat pria. Ada tiga unsur yang menjadi dasar dari pemahaman system kekerabatan ini. 1). Hula-hula, 2). Unsur boru, dan 3). Unsur dongan sabutuha. Konsep ini mengacu apa yang disebut pengertian tungku yakni tempat api yang digunakan untuk memasak makanan di dalam rumah tangga Batak. Konsep struktur sosial masyarakat Batak terkandung pandangan dan sikap sebagai refleksi hubungan antara satu unsur dengan unsur lainnya.
Kelompok Sosial dan Marga

Kehidupan sosial masyarakat orang Batak sudah sejak dahulu hidup dalam satu wilayah perkampungan yang didasarkan kepada ikatan dengan pendiri kampong tersebut yang kemudian membentuk sebuah marga. Perkampungan orang Batak biasanya ditengarai dengan diberi tembok yang dibuat dari tanah dan diatasnya ditanam bamboo berduri dan berbagai pohon-pohonan.

Kebiasaan nenek moyang mereka membangun rumah-rumah didalam huta berjumlah antara 20-30an buah rumah. Rumah-rumah tersebut berdiri berjejer dua deret membujur saling berhadap-hadapan. Adapun rumah kepala kampong berdiri menghadap gunung atau tempat keramat yang dikeramatkan oleh masyarakat. Dari sinilah ikatan kekerabatan diantara penduduk induk kuta dengan sosor-sosornya dijalin hubungan terus menerus secara turun temurun dengan erat.

Religi dan Pandangan Hidup Masyarakat Batak

Bagi orang Batak kepercayaan aka adanya tuhan yang disebut Ompu Debata Mulajadi Na Bolon sudah tertanam sejak lama. Tuhan didalam pandangan mereka secara fungsional terbagi tiga dan dengan menamai tiga sebutan pula yaitu: Tuan Bubi Nabolon, Ompu Silaon Na Bolon, dan Tuan Pane Na Bolon.

Pada sisi lain kehidupan orang batak juga menyiratkan adanya pengaruh yang kuat dalam pandangan hidup mereka yang meliputi tiga aspek, yaitu: Hasangapon, Hagabeon, dan Hamoraon. Bagi ornag Batak untuk menjadi orang yang terhormat dan dimuliakan oleh orang lain dikelak kemudian hari di dunia roh orang-orang yang telah meninggal dunia, maka iya perlu memiliki keturunan baik laki-laki dan perempuan yang mamora, menyebar di desha Na walu yakni ke delapan penjuru angin.

Menurut Rusmin Tumanggor bahwa bagi orang Batak untuk meraih kemulian hidup yang disebut Sarimatua yakni berketurunan, hidup rukun dan damai, makmur, panjang usia, terhormat baik disisi manusia dan dikalangan arwah ornag yang telah meninggal dan dalam pandangan Tuhan juga makhluk ghoib lainnya, maka seseorang harus memiliki cita-cita hidup dan bisa melakukan apa yang disebut dengan Si Sia-Sia Na Lima.
Pandangan Terhadap Alam, Lingkungan dan Masyarakat

Agama Parmalim terletak pada hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya. Alam terjadi berdasarkan kehendak Muljadi Na Bolon. Ialah yang menjado penguasa alam sekaligus dapat membuat hukum alam.

Paradigma keagamaan semacam ini terlihat dari eratnya kaitan manusia dengan bumi atau alam di mana mereka hidup. Manusia selalu tergantung kepada alam. Alam seringkali dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia. Manusia tak akan berarti bila alam tidak memberikan manfaat terhadap kehidupan manusia. Dengan demikian, alam menjadi salah satu yang setral dalam kehidupan dan menjadi acuan hidup.

Oleh karena itu, dalam pandangan hidup mereka yang kemudia menjadi semacam pegangan kepercayaan di kalangan mereka bahwa alam perlu dijaga. Melestarikan alam seolah menjadi kewajiban yang dibebankan pada pundak manusia.

Alam dan juga hukum alam sering pula terimplikasi pada aktivitas keagamaan mereka. Artinya, alam menjadi semacam pedoman hidup mereka dan contoh acuan perilaku, adat, penghargaan, doa, pandangan dan sebagainya.

Ulos dan Upacara Kematian

Ulos dapat diartikan semacam selimut, tapi pengertian ini bukan berarti selimut untuk orang tidur. Namun merupakan selimut jiwa atau ruh dan merupakan sarana penyelamat. Artinya ulos telah telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Batak. Selain itu kain ini kerapkali menjadi sacral karena sering dipergunakan upacara keagamaan asli ornag Batak. Ulos merupakan pakaian yang menjadi salah satu symbol penting masyarakat Batak ini dipergunakan dalam pelbagai peristiwa penting seperti upacara adat, perkawinan menyambut tamu-tamu terhormat dan sebagainya. Namun kain adat ini juga dipergunakan dalam upacara leluhur dan upacara magis.

Pada saat kematian masa dahulu yaitu sebelum orang Batak menganut agama besar, kepada jenazah yang terbaring diletakkan benda-benda sesuai dengan kepercayaan yang dianut nenek moyang yang sudah turun-menurun.
Pelaksanaan Ibadah

Parmalim melaksanakan upacara (ritual) Patik Ni Ugamo Malim untuk mengetahui kesalahan dan dosa, serta memohon ampun dari Tuhan Yang Maha Esa yang diikuti dengan bergiat melaksanakan kebaikan dan penghayatan semua aturan Ugamo Malim.
Sejak lahir hingga ajal tiba, seorang “Parmalim” wajib mengikuti 7 aturan Ugamo Malim dengan melakukan ritual (doa). Ke-7 aturan tersebut adalah:
Martutuaek (kelahiran)
Pasahat Tondi (kematian)
Mararisantu (peribadatan setiap hari sabtu)
Mardebata (peribadatan atas niat seseorang)
Mangan Mapaet (peribadatan memohon penghapusan dosa)
Sipaha Sade (peribadatan hari memperingati kelahiran Tuhan Simarimbulubosi)
Sipaha Lima (peribadatan hari persembahan / kurban)

Selain ke-7 aturan wajib di atas, seorang “Parmalim” harus menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan seperti menghormati dan mencintai sesama manusia, menyantuni fakir miskin, tidak boleh berbohong, memfitnah, berzinah, mencuri, dan lain sebagainya.
Diluar hal tersebut, seorang “Parmalim” juga diharamkan memakan daging babi, daging anjing dan binatang liar lainnya, serta binatang yang berdarah.
Tak terasa, malam semakin larut. Waktu terasa sangat singkat saat pak Sirait menjelaskan detail demi detail soal “Parmalim”. (sumber http://wildanizzaty.wordpress.com/)

16 komentar:

  1. Sipelebegu = menyembah hantu ? Ini vonis yang subjektif, masalah urusan menyembah yang gaib, tuhan, dewa dll itu tidak bisa dipastikan jadi tidak baik main vonis begini, toh umat agama dilihat dari prilaku sehari hari apakah baik atau buruk dari situ kita bisa menilai dia menyembah tuhan ( konotasi baik ) atau hantu ( konotasi buruk ).

    BalasHapus
  2. Maaf Saya Seorang PARMALIM. Dalam ajaran kami mengakui ada satu Tuhan ,tapi setahu saya sepele begu itu menyebah hantu apakah Menurut ANDA !!!! Tuhan itu hantu????¿ Berpikir Sebelum Bertindak

    BalasHapus
  3. Maaf Saya Seorang PARMALIM. Dalam ajaran kami mengakui ada satu Tuhan ,tapi setahu saya sepele begu itu menyebah hantu apakah Menurut ANDA !!!! Tuhan itu hantu????¿ Berpikir Sebelum Bertindak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sangat senang melihat ritual agama parmalim, karena sejak kecil saya amati walaupun orang Batak sudah menanut salah satu agama resmi negara namun kesehariannya sepertinya masih mengacu kepada ritual Parmalim, misalnya martonggo tu Mulajadi Nabolon dohot Debata Natolu.

      Hapus
  4. Sonari songonon do...
    Unang hita mengvonis agama ni jolma.
    Molo agama on berbeda beda do.
    Alai tong do hita manjunjung debata ta.
    Nang pe i agama islam kristen katolik dahot parmalim.

    Sonari i tergantung tu jolma na.
    Hias roa na manang daong tu debata.
    Ai debata do na mamboto na dengan.

    BalasHapus
  5. Agama parmalim lebih Mirip agama Israel kuno, Ibadah hari sabtu, konsep Raja nasiak bagi atau Raja mrnderita seperti pada Yesaya 53. Di bulan pertama adalah bulan puasa mengenang raja yang mrnderita yaitu bulan Abib atau Nissan sama dengan sipaha sada.. Penebusan dosa dengan makan napaet adalah sama dengan makan sayur pahit waktu merayakan paskah Yahudi (Maror)....

    BalasHapus
  6. Sok tau....
    Arti parmalim aja ga tau, tapi sok menjelaskan.
    Jgn urusi klu tak mengerti

    BalasHapus
  7. Sy org Jawa yg beragama Katolik, sy mengakui kebenaran yg terkandung dlm ajaran Parmalim.

    BalasHapus
  8. begu = roh/ghaib (versi batak)
    Sipele begu=penyembah Roh

    Ada tertulis; Sembahlah tuhanmu dalam roh, sebab Dia adalah Roh

    -kebenaran-

    BalasHapus
  9. Hidup penyembah Roh

    (sipele begu versi batak)

    BalasHapus
  10. Menulis bahwa Parmalim sipelbegu adalah fitnah yang jahat .... Atau bodoh, tidak tahu detail tapi sok tahu. Minta maaf, say bukan Parmalim tapi tidak mau memfitnah....

    BalasHapus
  11. Debata Mulajadi Nabolon, arti hurufiah "Allah Pencipta Mahabesar". Kata "Mulajadi Nabolon" bukan menunjukkan bahwa Dialah Allah yang pertama, sebab jika demikian maksudnya maka ada Debata yang lahir berikutnya. Dengan demikian "Debata Mulajadi Nabolon" adalah berarti "Allah" yg bersifat universal. "Debata Mulajadi Nabolon" bukanlah "nama pribadi" seperti "JHWH" (Jahwe) dalam agama Yahudi. Sebutan "Debata Mulajadi Nabolon" adalah "hakekat Allah" itu sendiri yaitu "Pencipta Mahabesar" Barangsiapa percaya bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah ciptaan dari yang "Ilahi" maka yang ilahi itu dalam bahasa Batak Toba adalah "Pencipta Mahabesar"

    BalasHapus
  12. Menulis sejarah harus disertai dengan data2 yang valid yang bersumber langsung dari orang yang dianggap kompeten yang memiliki wawasan yang benar2 bisa dipercaya sehingga tidak menimbulkan perspektif negatif dari orang yang membaca apalagi sampai menuduh ajaran ugamo malim adalah sipelebegu. Banyak sumber tulisan yang berbeda beda mengenai ugamo malim ini di sosmed. Yang ingi mengetahui langsung silahkan saja datangi tempat mereka melaksanakan perayaan sipaha lima di huta tinggi balige. Stop menjudge orang lain apalagi anda berbeda keyakinan dengan mereka. Salam damai.

    BalasHapus